get app
inews
Aa Read Next : DPC PKB Tulungagung Panggil Pendaftar Cabup-Cawabup, Salah Satunya Kadinkes

Sidang Putusan Kasus Pembunuhan Pasutri di Ngantru Diwarnai Kericuhan

Rabu, 28 Februari 2024 | 18:41 WIB
header img
Suasana ricuh sidang putusan kasus pembunuhan pasangan suami istri (Pasutri) di Desa/Kecamatan Ngantru. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Sidang putusan kasus pembunuhan pasangan suami istri (Pasutri) di Desa/Kecamatan Ngantru dengan terdakwa Edi Purwanto (43) berakhir ricuh

Keluarga korban tidak terima bahwa Majelis Hakim memutuskan jika terdakwa dikenakan hukuman penjara selama 14 tahun dan menolak dakwaan hukuman mati.

Berdasarkan pantauan, sidang dimulai sekitar pukul 10.55 WIB dengan Hakim Ketua Nanang Zulkarnaen kemudian setelah terdakwa memasuki ruang sidang dan disusul hadirnya majelis hakim pada ruang sidang. 

Sedangkan sidang putusan ini selesai sekitar pukul 11.53 WIB setelah terdakwa ditetapkan menerima hukuman penjara selama 14 tahun.

Hasil putusan itu diwarnai kekecewaan dari keluarga korban, hingga aparat kepolisian terpaksa melerai keluarga korban agar tidak mendekati terdakwa.

Pengawalan dari pihak kepolisian dilakukan hingga pihak keluarga korban keluar dari wilayah PN Tulungagung untuk mengantisipasi kerusuhan.

Anak korban pembunuhan pasutri Gustama Albar Almuzaki (28) mengatakan, pihaknya dan keluarga besarnya maupun warga Desa/Kecamatan Ngantru merasa sangat kecewa dengan hasil putusan tersebut, karena hasil putusan sidang yang diberikan Majelis Hakim untuk terdakwa dinilai ringan.

Padahal seharusnya, terdakwa diberikan hukuman mati atau setidaknya hukuman penjara seumur hidup setelah menghilangkan nyawa kedua orang tuanya. Apalagi, pada saat melakukan aksi tersebut, terdakwa terbilang santai yang harusnya hal ini masuk pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

"Bayangkan, hukuman cuma 14 tahun penjara, itu pembunuh atau pencuri? Kami jelas sangat kecewa dengan putusan yang diberikan oleh Majelis Hakim hari ini," katanya, Rabu (28/2/2024).

Gustama mengaku, pihaknya seolah tidak percaya dengan hasil putusan yang sudah dibacakan tadi yang mana seolah Majelis Hakim berada pada pihak terdakwa. Bahkan, seluruh anggota keluarganya dan warga Desa/Kecamatan Ngantru yang turut hadir juga tidak bisa menerima hasil putusan tersebut.

Hal ini membuat pihak keluarga korban berupaya agar terdakwa tetap diberikan hukuman maksimal berupa hukuman mati atau penjara seumur hidup. Setelah ini, pihaknya akan musyawarah dengan seluruh anggota keluarganya untuk menempuh jalur hukum lain agar terdakwa diberi hukuman yang setimpal.

"Terdakwa harus diberi hukuman mati, dia sudah residivis dan berani menghilangkan nyawa orang lain, hukuman seringan itu tidak bisa diterima," pungkasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut