get app
inews
Aa Read Next : Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota KPPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tulungagung

10 PPS di Tulungagung Mengundurkan Diri

Jum'at, 10 Februari 2023 | 18:14 WIB
header img
Prosesi pelantikan puluhan panitia pemungutan suara (PPS) pengganti antar waktu (PAW) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung, Jumat (10/2/2023).

Terlebih lagi, apabila petugas PPS tersebut memaksakan diri untuk menjadi anggota PPS, dikhawatirkan justru yang bersangkutan tidak fokus pada pekerjaan mereka dalam tahapan pemilu. 

Hal itu nantinya justru berujung tidak maksimalnya pelaksanaan tahapan pemilu dan ditakutkan bisa mempengaruhi petugas PPS lainnya. 

"Kami kan sudah menyiapkan tiga PPS terpilih dan tiga PPS penggantinya untuk masing-masing desa, sehingga ketika ada yang mengundurkam diri, langsung digantikan petugas penggantinya," jelasnya.

Sedangkan terkait pekerjaan petugas PPS sendiri, ungkap Amar, saat ini para petugas PPS sudah mulai dihadapkan dengan pekerjaan tahapan pemilu. Salah satunya seperti pembentukan panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang di sesuaikan dengan jumlah masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) pada masing-masing desa. 

Kemudian mereka juga akan bekerja secara penuh dalam proses pemutakhiran data pemilih sampai dengan hari H pemungutan suara.

Sedangkan untuk aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja sebagai PPS maupun panitia pemilih kecamatan (PPK), pihaknya masih melakukan perhitungan untuk jumlah pastinya. 

Hanya saja ia memastikan hal itu tidak melanggar aturan asalkan yang bersangkutan sudah mendapat izin dari atasan di lembaga yang dia naungi. Meski mereka bekerja sebagai PPS selama 24 jam, mereka juga tidak diwajibkan untuk cuti terhadap pekerjaannya sebagai ASN.

"Jumlah pastinya masih kami pilah-pilah berapa total ASN yang menjadi anggota PPS ataupun PPK. Hal itu tidak melanggar aturan selama mereka sudah mengantongi izin," pungkasnya. iNews Tulungagung

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut