get app
inews
Aa Read Next : DPD PKS Tulungagung Daftarkan 50 Bacaleg

7.918 Hektare Lahan Pertanian di Kabupaten Tulungagung Terendam Banjir

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 19:53 WIB
header img
Penampakan salah satu lahan pertanian yang terendam banjir. (Foto : Afif Nasrul/iNews)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Luasan lahan pertanian di Kabupaten  Tulungagung terdampak banjir semakin meluas. Tercatat setidaknya lahan seluas 7.918 hektare di Kabupaten Tulungagung terendam banjir. 

Plt Kepala Dinas Pertanian Tulungagung melalui Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), Gatot Rahayu mengatakan, hal ini disebabkan cuaca yang semakin memburuk selama tiga pekan terakhir membuat luasan lahan pertanian yang terdampak banjir semakin melebar

Bahkan sebanyak 5.280 hektare diantaranya sudah dinyatakan gagal panen (Puso) akibat banjir tersebut. Sedangkan dampak tanaman puso paling parah terjadi di Kecamatan Rejotangan. 

"Di Rejotangan itu tanaman jagung, luasan lahan yang terdampak 1.478 hektare dan yang sudah dinyatakan puso seluas 1313 hektare," katanya, Jumat (21/10).

Gatot mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliki terdapat tiga tanaman yang paling parah terdampak banjir. Ketiganya itu yakni tanaman jagung dengan luas lahan terdampak 5.912 hektare dan 3.905 hektare diantaranya dinyatakan puso. 

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut