80 Pasien ODGJ Asal Tulungagung Dikirim ke RSJ Lawang

Afif Nasrul
ODGJ di Kabupaten Tulungagung dikirim ke RSJ Lawang Kabupaten Malang

Sementara itu, Ketua Tim Kerja RSJ Lawang, Susiati mengatakan, sebanyak 12 dari 40 pasien ODGJ yang dikirim ke RSJ Lawang hari ini termasuk pasien kategori I. Dimana hal itu berarti jika pasien tersebut sangat agresif, sehingga proses pemberangkatannya juga dilakukan secara terpisah dari pasien kategori II dan III.

Menurutnya, pasien ODGJ yang dijemput ini merupakan pasien ODGJ yang memiliki penjamin seperti BPJS dan lain-lain, sedangkan bagi pasien yang tidak memiliki apapun, dibuatkan rekom oleh Dinkes dan Dinsos Tulungagung. Pasien yang dijemput juga dilakukan screening kesehatan untuk menentukan jenis perawatannya.

"Pada saat screening, kami tentukan apakah pasien ini hanya cukup dilakukan rawat jalan atau rawat inap sekaligus. Untuk biayanya gratis, ditanggung pihak kami (RSJ) Lawang, karena ini program sosial," kata Susiati.

RSJ Lawang memiliki kapasitas sebanyak 372 tempat tidur, dimana 16 persennya untuk pasien non gangguan jiwa. Sedangkan sisanya sebanyak 84 persen tempat tidur yang tersedia di RSJ Lawang untuk pelayanan perawatan pasien dengan gangguan jiwa.

Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan jika Dinkes Tulungagung siap, yang berarti segala macam persyaratan sudah terpenuhi, maka pihaknya siap melakukan penjemputan dan pemulangan pasien ODGJ. Sedangkan secara klinis, pasien ODGJ itu akan dirawat selama 14-15 hari dan setelahnya dipulangkan.

"Jadi selama menjalani perawatan, setidaknya pasien ODGJ ini akan dipulangkan dalam kondisi sadar jika dirinya sakit, sehingga pasien mau nurut saat diminta meminum obat dan tidak agresif," tutupnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network