Pemkab Tulungagung Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Cukup

Afif Nasrul
Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno melakukan sidak di pasar hewan Ngunut Tulungagung

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Menjelang Hari Raya idul Adha, Pemkab Tulungagung melakukan sidak di pasar hewan Ngunut Tulungagung, Selasa, (11/6/2024).

Sidak dilakukan oleh Pj Bupati Tulungagung didampingi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno mengatakan hasil sidak diketahui bahwa memang jumlah sapi di Kabupaten Tulungagung sebanyak 12.000 sedangkan kambing 25.000.

Heru melanjutkan, dari jumlah tersebut terbilang Kabupaten Tulungagung surplus artinya jumlah tersebut sangat mencukupi kebutuhan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2024. 

Dengan jumlah yang cukup banyak, pihaknya juga memperbolehkan penjual untuk menjual ternak ke luar daerah akan tetapi pihaknya juga masih berkoordinasi dengan petugas kesehatan hewan untuk memastikan bahwa memang hewan ternak benar - benar sehat. 

Heru menampik meski virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belum sepenuhnya hilang, kendati demikian pengecekan kesehatan hewan harus benar - benar diperhatikan mengingat Momentum Idul Adha merupakan moment pertukaran jual beli hewan ternak baik dari dalam maupun luar daerah sangat pesat.

"Ada 50 tenaga kesehatan hewan yang dikerahkan dan di poskan di pasar maupun di perbatasan untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan," tegasnya. 

Selain itu soal harga ia menjelaskan masih sangat fluktuatif, apalagi menjelang Idul Adha, harga sapi dipasaran sekitar Rp 28 juta, namun untuk harga daging di pasar diangkat Rp 55 - 65 ribu perkilogram.

"Harga hewan kurban masih fluktuatif," pungkasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network