get app
inews
Aa Read Next : DPC PKB Tulungagung Panggil Pendaftar Cabup-Cawabup, Salah Satunya Kadinkes

Sidang Pra Peradilan Kasus Pelajar Tewas Usai Latihan Silat Ditunda

Kamis, 28 Desember 2023 | 20:13 WIB
header img
Puluhan pesilat di Tulungagung memadati kantor Pengadilan Negeri Tulungagung. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Puluhan pesilat di Tulungagung memadati kantor Pengadilan Negeri Tulungagung. Kehadiran puluhan pesilat tersebut untuk menghadiri sidang pra peradilan pertama atas kasus tewasnya pelajar usai berlatih silat di Kecamatan Ngunut.

Tim Lembaga Hukum dan Advokasi (LHA) Persaudaraan Setia Hari Terate (PSHT) cabang Tulungagung, Nur Indah mengatakan, pihaknya cukup kecewa pada pelaksanaan sidang perdana pra peradilan dengan terdakwa DAR (26) warga Desa/Kecamatan Ngunut Tulungagung yang digelar di PN Tulungagung.

Pasalnya, pada sidang perdana ini justru ditunda dan diundur sampai dengan tanggal 4 Januari 2024 mendatang lantaran adanya beberapa kendala. 

Pada sidang tersebut, pihak Polres Tulungagung meminta agar persidangan pra peradilan tersebut ditunda sampai tanggal 8 Januari 2024.

"Pihak Polres Tulungagung mengirim surat ke PN Tulungagung untuk meminta agar sidang pra peradilan ini ditunda sampai tanggal 8, tetapi permohonan itu ditolak oleh Majelis Hakim, namun tetap diundur sampai tanggal 4," katanya.Kamis (28/12/2023).

Nur Endah menjelaskan, permohonan penundaan sidang tersebut dikarenakan pihak Kuasa Hukum Polres Tulungagung tidak bisa hadir dalam proses sidang perdana tersebut. 

Ketidakhadiran tersebut dengan alasan jika saat ini masih ada kegiatan Operasi Lilin Semeru 2023, sehingga petugas masih berfokus pada operasi tersebut.

Atas alasan tersebut, pihaknya tentu sangat kecewa dengan aparat kepolisian Polres Tulungagung yang memilih tidak hadir dalam persidangan pertama ini dengan alasan tersebut. 

Padahal seharusnya, meski operasi tersebut tetap berjalan, pihak Polres Tulungagung tetap mengirim tim hukumnya. 

"Kepolisian Republik Indonesia ini merupakan instansi yang besar, seharusnya operasi itu bukan dijadikan alasan untuk tidak mengirim Tim Hukumnya," jelasnya.

Pihaknya juga menyayangkan tidak diperbolehkannya para pesilat yang hadir untuk menyaksikan persidangan masuk ke dalam ruang sidang. 

Bahkan para pesilat yang hadir juga dihadang oleh anggota kepolisian untuk tidak masuk ke area PN Tulungagung.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut