get app
inews
Aa
Read Next : BPJS Kesehatan Siap Tanggung Perawatan Bayi Kembar Siam di Tulungagung

Sejumlah Organisasi Profesi Kesehatan Tulungagung Gelar Aksi Penolakan RUU Kesehatan Omnibus Law

Selasa, 29 November 2022 | 07:12 WIB
header img
Sejumlah organisasi profesi kesehatan menggelar aksi penolakan RUU Kesehatan Omnibus di Kantor Sekretariat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tulungagung di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kecamatan Kedungwaru.

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Sejumlah Organisasi Profesi Kesehatan Cabang Tulungagung menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan yang disusun menggunakan metode Omnibus Law di Kantor Sekretariat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tulungagung di Jalan  Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kecamatan Kedungwaru.

Penolakan RUU Kesehatan ini dilakukan lantaran dianggap mengorbankan kesehatan masyarakat.

Aksi damai dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, diawali dengan pembacaan sikap kelima organisasi profesi ini yang pada intinya menolak untuk disahkannya RUU Kesehatan menjadi UU Kesehatan,  kemudian dilanjutkan dengan melakukan aksi simpatik yakni pembagian bunga kepada pengguna jalan. 

Ketua IDI Cabang Tulungagung, dr. Muhammad Yogiyopranoto, SpB FINACS menjelaskan, aksi penolakan RUU Kesehatan (Omnibus Law) diikuti juga sejumlah organisasi Profesi kesehatan seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) hingga Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cabang Tulungagung. 

"Ada sebanyak 42 tenaga Kesehatan yang ikut dalam aksi penolakan RUU Kesehatan tersebut," Jelasnya Senin (28/11/2022).

Yogi melanjutkan, adapun penolakan RUU Kesehatan (Omnibus Law) kali ini lantaran tidak adanya transparansi dan tidak sesuainya dengan ketentuan pembentukan Undang-undang, tak hanya itu dalam pembahasan naskah akademik RUU Kesehatan tersebut tidak melibatkan pemangku kepentingan dan masyarakat yang lebih mementingkan dasar nilai filosofis, sosiologis, dan yuridis. 

"RUU dinilai hanya mementingkan golongan pribadi dan tertentu saja," Ungkapnya. 

Yogi melanjutkan, dengan adanya RUU Kesehatan (Omnibus Law) tentunya akan mengorbankan hak kesehatan rakyat selaku konsumen kesehatan, yang tentunya akan berpotensi mengancam perlindungan dan keselamatan masyarakat atas pelayanan yang kurang bermutu, profesional dan beretika. 

Selain itu pada RUU Kesehatan tersebut, terdapat pasal yang menggambarkan soal semakin minimnya peran organisasi dalam perannya untuk memberikan seleksi atas sumber daya manusia (SDM) dalam hal pelayanan kesehatan, adanya poin pasal seperti itu membuat pihaknya mencurigai jika ada tujuan tertentu dibalik penerapannya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut