Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Tulungagung Buka Pendaftaran Anggota Panwascam

Afif Nasrul
.
Kamis, 22 September 2022 | 20:23 WIB
Ketua Bawaslu Tulungagung, Fayakun. (Foto: Afif Nasrul/iNews)

TULUNGAGUNG, iNewsTulungagung.id - Menjelang pemilu 2024, Bawaslu Tulungagung membuka pendaftaran anggota Panitia Pengawasan Tingkat Kecamatan (Panwascam).

Pembukaan pendaftaran ini dimulai pada tanggal 21 September -27 September 2022. Kriteria pendaftaran anggota perempuan 30 persen di masing masing kecamatan.

Ketua Bawaslu Tulungagung, Fayakun mengatakan pendaftaran anggota panwaslu ini lebih dulu dibanding pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dimaksud untuk mengawasi verifikasi partai politik.

"Teknis perekrutan ini lebih dulu dari pada PPK dari KPU yang akan dilaksanakan pada bulan Nopember sampai dengan Desember, sedangkan perekrutan panwascam di bulan September, katanya Kamis (22/09/2022).

Hal ini dimaksud karena pengawasan lebih diutamakan termasuk pengawasan partai politik yang ada di KPU yakni keanggotaan ganda maupun pekerjaan. Total laporan pencatutan nama yang sudah masuk ke Bawaslu sekitar 25 anggota, sedangkan Anggota yang sudah masuk ke KPU sekitar 25 jadi yang sudah ditindaklanjuti oleh KPU ada 45 keanggotaan parpol, sedangkan yang 10 sudah dikirim oleh Bawaslu ke KPU.

Saat ini Bawaslu Tulungagung sudah menerima laporan keanggotaan 25 anggota yang tidak dikehendaki oleh dicatut namanya. Rata rata dari swasta, guru, ASN maupun P3K.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini