Warga Tulungagung Digegerkan Penemuan Situs Kuno Era Majapahit, Begini Penampakannya

Afif Nasrul
.
Jum'at, 16 September 2022 | 17:09 WIB
Temuan situs kuno yang terletak di Dusun Miren, Desa Ngranti, Kecamatan Boyolangu Tulungagung. (Foto: Afif Nasrul/iNewsTulungagung.id)

TULUNGAGUNG, iNewsTulungagung.id - Warga Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu sempat digegerkan dengan adanya temuan situs kuno yang terletak di Dusun Miren, Desa Ngranti, Kecamatan Boyolangu Tulungagung.

Tim BPCB Tulungagung bersama muspika, serta pihak desa mengunjungi situs tersebut.

Menurut Kepala Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu ,Yulianto mengatakan awalnya situs ini ditemukan namun pihak desa mengupas sejarah baru yang ada di desa Ngranti, sehingga ditindaklanjuti dan mengetahui sejarah terbentuknya desa ngranti tersebut.

"Ya awalnya sudah lama, cuma desa ingin menguak sejarah, kita tindaklanjuti untuk mengetahui terbentuknya desa ngranti," ungkapnya, Jumat (16/09/2022).

Untuk diketahui dari hasil temuan tersebut telah ditemukan prasasti, baru umpak, Sumur Tua sebanyak 2 berbentuk segi empat dan alat buat penghalus rempah rempah.

Masih Yulianto, nantinya pihak desa akan berkirim surat ke Dinas Pariwisata Tulungagung untuk ditindaklanjuti, sehingga menjadikan sejarah desa yang jelas.


Situs kuno yang terletak di Dusun Miren, Desa Ngranti

"Nanti kami akan mengirim surat ke dinas untuk ditindaklanjuti mas," ucapnya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini