get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Kerawanan Pangan, Pemkab Tulungagung Berikan Bansos

Ratusan Tugu Perguruan Silat Bakal Ditertibkan

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 20:59 WIB
header img
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo bersama Forkopimda gelar Rakor di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Guna mencegah konflik antar perguruan silat, Forkopimda Tulungagung mulai membahas penertiban ratusan tugu pencak silat di lahan umum.

Bupati Tulungagung beserta Forkopimda  menggelar rapat koordinasi terkait rencana pembongkaran tugu pencak silat tersebut.

Diketahui bahwa ada ratusan tugu pencak silat yang didirikan di lahan pemerintah.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo seusai Rakor di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso mengatakan, rakor ini  menindak lanjuti surat instruksi dari Kapolda, Bakesbangpol dan IPSI Jawa Timur, terkait penertiban tugu pencak silat. 

Munculnya surat tersebut didasarkan adanya konflik antar perguruan pencak silat yang dipicu oleh keberadaan tugu pencak silat.

"Kami sudah lakukan pendekatan kepada beberapa perguruan pencak silat untuk mensosialisasikan rencana penertiban tugu," tuturnya, Jumat (11/08/2023).

Maryoto menjelaskan, beberapa perguruan pencak silat di Tulungagung juga sudah mulai membongkar tugu masing-masing. Meskipun sebagian besar masih banyak tugu yang berdiri di lahan pemerintah.

"Secepatnya kalau bisa mulai dibongkar. Tapi kami akan rakor kembali bersama pihak terkait," jelasnya.

Memang ada usulan tugu pencak silat diubah menjadi tugu bersama berupa tugu pancasila. Pihaknya akan menampung usulan tersebut.

"Kalau kendala tentu namanya anggota perguruan pencak silat itu banyak dari anak muda yang jiwanya masih berapi-api. Jadi harus terus dilakukan pendekatan," paparnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut