get app
inews
Aa Read Next : GISLI Cabang Tulungagung Resmi Dikukuhkan, Siap Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Rapat Paripurna LKPJ Bupati Akhir Tahun Anggaran 2022, DPRD Berikan Beberapa Catatan Penting

Selasa, 18 April 2023 | 18:24 WIB
header img
Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tulungagung Akhir Tahun Anggaran 2022, di Ruang Graha Wicaksana, Selasa (18/04/2024). (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung mengadakan Rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tulungagung Akhir Tahun Anggaran 2022, di Ruang Graha Wicaksana, Selasa (18/04/2024).

Dalam Rapat tersebut, ada beberapa rekomendasi dari DPRD Tulungagung kepada Bupati Tulungagung untuk ditindaklanjuti kepada OPD untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Ketua DPRD Tulungagung,Marsono menjelaskan, ada beberapa point penting yang direkomendasikan untuk ditindaklanjuti dalam rapat paripurna kali ini, diantaranya DPRD memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung atas realisasi target Pendapatan Daerah Tahun 2022 yang mencapai 107,01 % capaian tersebut telah melebihi target Perencanaan Anggaran yang ke-2.

"Hal tersebut menjadi sebuah prestasi diharapkan agar Pemerintah Kabupaten Tulungagung dapat mempertahankan kinerjanya serta serius menggali potensi sumber Pendapatan Daerah sesuai dengan ketentuan Peraturan perundang-undangan," ucapnya.

Masih Marsono, ada beberapa catatan lain seperti, Pembangunan Unit Sekolah masih rendah realisasinya belum memenuhi target, Rehabilitasi ruang kelas sarana dan prasarana pengadaan mebel sekolah realisasinya masih 0 %, pengelolaan Dana BOS Sekolah Menengah Pertama (SMP) realisasinya masih juga belum memenuhi target.

Ada hal lain DPRD memberikan sorotan terkait dengan penyelenggaraan E - Money dalam pemberian bantuan siswa Miskin Kabupaten Tulungagung dalam pelaksanaanya kegiatan program (BSM) melalui E-Money Bupati perlu memberikan perhatian yang serius.

Pada sektor kesehatan Program kegiatan yang ada di Puskesmas tidak bisa teralisasi, diantaranya pengelolaan pelayanan kesehatan orang terduga tuberculosis yang masih 0 % hal tersebut karena adanya ketakutan di masyarakat terhadap keluhan batuk dimasa pandemi. 

Serta adanya pengelolaan dan perbaikan penataan parkir RSUD dr Iskak Tulungagung yang memberikan sumber PAD. 

Marsono melanjutkan, secara umum DPRD Kabupaten Tulungagung berpendapat bahwa LKPJ Bupati Tulungagung akhir Tahun Anggaran 2022 yang meliputi pelaksanaan pemerintahan, Pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat Tulungagung tahun anggaran 2022 sudah berjalan dengan baİk, namun terhadap beberapa kegiatan tertentu yang realisasinya masih belum mencapai target perlu untuk diperhatikan dan ditindaklanjuti secara serius. 

"Secara Umum memang sudah bagus, namun ada beberapa koreksi hal yang perlu ditingkatkan dan akan diteruskan Bupati Tulungagung kepada Sekda Tulungagung sebagai panglima OPD untuk ditindaklanjuti," Pungkasnya. 

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut