get app
inews
Aa Read Next : DPD PKS Tulungagung Daftarkan 50 Bacaleg

Tiga Kepala OPD di Tulungagung Dalam Proses Open Bidding

Rabu, 22 Februari 2023 | 14:50 WIB
header img
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo. (Afif Nasrul/iNews)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) baru di Kabupaten Tulungagung akan segera diisi  tahun 2023. Nantinya bulan Maret 2023, Kepala Dinas yang menaungi tiga OPD tersebut akan dilantik.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengatakan, pihaknya sendiri sudah mengajukan izin untuk pendirian tiga OPD baru tersebut kepada Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Diketahui izin tersebut saat ini juga sudah didapat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung. 

Diketahui tiga OPD baru yang akan dibentuk yakni Dinas Pemuda dan Olahraga yang merupakan pecahan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang merupakan pecahan dari Satpol PP Tulungagung. 

"Termasuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) yang merupakan pecahan dari Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) di Bappeda," katanya, Rabu (22/2/2023).

Maryoto mengungkapkan, rencananya pada Maret 2023 pihaknya akan memilih Kadin untuk mengisi tiga OPD tersebut.

Mengingat secara kelembagaan, izin, administrasi hingga pembuatan peraturan daerah (Perda) untik tiga OPD tersebut sudah disiapkan. Maka dari itu untuk pemilihan kadin tersebut, pihaknya akan melakukan seleksi terbuka.

Secara teknis, pemilihan tersebut akan dilakukan secara open bidding atau lelang jabatan. Mengingat itu merupakan mekanisme yang dijalankan dalam mengimplementasikan pengangkatan pegawai negeri sipil (PNS).

Sedangkan proses pelaksanaannya akan dilakukan pada waktu dekat mulai bulan ini. 

"Tentu harapan kami setidaknya sebelum bulan ramadhan, mereka yang terpilih bisa dilantik," ungkapnya.

Ditanya soal penempatan kantor untuk tiga dinas tersebut, Maryoto mengaku jika Pemkab Tulungagung masih memiliki beberapa aset bangunan yang belum dimanfaatkan, salah satunya kawasan ruko yang berlokasi di Kelurahan Kenayan Kecamatan/Kabupaten Tulungagung. 

Nantinya lokasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk kantor tiga dinas tersebut.

Namun demikian, untuk proses lelang jabatan yang dilakukan itu nanti tidak hanya diperuntukkan bagi Kadin di tiga OPD tersebut.

Melainkan juga akan dilakukan untuk mengisi jabatan kosong di beberapa OPD di Tulungagung seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Satpol PP dan Asisten 1. 

"Lelang jabatan itu tidak hanya untuk tiga OPD baru, tetapi untuk Jabatan Tinggi Madya dan Pratama lainnya yang masih kosong," pungkasnya. iNews Tulungagung

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut