get app
inews
Aa Read Next : DPC PKB Tulungagung Panggil Pendaftar Cabup-Cawabup, Salah Satunya Kadinkes

Dana Desa di Tulungagung Capai 1,5 M, Pj Bupati Tulungagung Tekankan Pemberdayaan Masyarakat

Selasa, 23 Januari 2024 | 20:43 WIB
header img
Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Dana desa di Kabupaten Tulungagung sudah cair pada awal tahun 2024 tepatnya di bulan Januari meski demikian belum seluruh desa itu cair. 

Pemkab Tulungagung menekankan dana desa digunakan untuk pemberdayaan dan pembangunan Infrastruktur. 

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno menjelaskan, dana desa di Kabupaten Tulungagung sudah cair, jumlah desa yang sudah di kirimkan ke rekening desa sebanyak 239, sisanya 18 desa belum cair. 

"Ada 18 desa belum cair, targetnya dana desa akan dikirimkan sebelum akhir bulan Januari," katanya, Selasa, (23/1/2024).

Heru melanjutkan, lantaran dana desa sudah cair pihaknya menghimbau agar penggunaan dana desa dipakai secara bijaksana, mulai pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur. 

Untuk pemberdayaan sendiri pihaknya menekankan untuk masyarakat, mulai ketahanan pangan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) bantuan kesehatan masyarakat dan lain - lain. 

Sedangkan untuk infrastruktur pihaknya belum bisa memastikan tidak ada prosentase pasti lantaran karakteristik setiap desa tentu beda - beda, ada desa yang memang memerlukan untuk pembangunan, jika sudah ada pembangunan tentu tahun depan pasti ke arah pemeliharaan, pembangunan tersebut bisa terbangun jika ada keterlibatan dari bumdes untuk ikut memajukan pembangunan desa, tetapi idealnya 50 Persen 50 Persen. 

Untuk besaran anggaran dana desa beragam, mulai Rp 850 juta sampai Rp 1,5 Miliar, dan anggaran tersebut dicairkan langsung, tidak secara bertahap. 

"Pencarian langsung ke rekening desa," katanya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut