get app
inews
Aa Read Next : GISLI Cabang Tulungagung Resmi Dikukuhkan, Siap Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Mensos Tinjau Operasi Mata Katarak di RSUD dr. Iskak

Rabu, 22 November 2023 | 19:53 WIB
header img
Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini meninjau langsung penanganan operasi mata katarak di Rumah Sakit dr Iskak Tulungagung. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini meninjau langsung penanganan operasi mata katarak di Rumah Sakit dr Iskak Tulungagung, Rabu (22/11/2023).

Kegiatan ini merupakan bakti sosial yang bekerja sama dengan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV dan Indosiar sebagai promotor kegiatan ini.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, alasan kegiatan baksos ini dilakukan yakni adanya warga disabilitas yang mengalami kebutaan sehingga terlambat penanganan operasi katarak.

"Hal itu harus kita cegah, karena kalau kita tidak cegah maka banyak kebutaan pada warga disabilitas," katanya. 

Risma melanjutkan penanganan masalah kebutaan bagi orang disabilitas harus diupayakan semaksimal mungkin melalui operasi katarak.

Kegiatan operasi katarak ini akan dilaksanakan setiap bulan, bahkan juga bisa di balai balai milik Kemensos di seluruh Indonesia.

"Sebelumnya kita sudah berkunjung ke Makasar rata rata keluarga dekat sehingga keluarganya pun tidak produktif," ungkapnya.

Mantan walikota Surabaya mengungkapkan, rata rata penderita katarak (kebutaan) di wilayah pesisir pantai sehingga ia bekerja terpapar sinar matahari.

"Rata rata bekerja di pantai, sehingga terkena sinar radiasi matahari akibatnya angka kebutaan semakin tinggi," ungkapnya.

Sebanyak 150 orang yang terscrening operasi mata katarak dari data yang masuk sebanyak 450 lebih.

"Rata rata ia menderita diabetes maupun hipertensi," tukasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut