get app
inews
Aa Read Next : DPRD Tulungagung Gelar Rapat Paripurna Penetapan Ranperda dan Penyampaian Rekomendasi LKPJ Bupati

Pemkab Tulungagung Instruksikan ASN Kenakan Baju Adat Selama 4 Hari

Senin, 13 November 2023 | 14:08 WIB
header img
Pj Bupati Tulungagung Ir Heru Suseno saat memimpin apel. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Dalam Apel Besar yang dihadiri oleh Penjabat Bupati (PJ) Bupati Tulungagung, Sekretaris Daerah serta seluruh OPD di Lingkup Pemkab Tulungagung di Halaman Pemkab Tulungagung, Senin (13/11/2023).

Dalam apel tersebut diikuti seluruh ASN di Lingkup Pemkab Tulungagung.

PJ Bupati Tulungagung Ir Heru Suseno saat memimpin apel mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan Apel Besar yang diikuti para ASN dengan menggunakan baju Adat Jawa (mataraman) adalah dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung yang ke 818 tahun 2023 . 

Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung maka mulai hari ini hingga 4 hari ke depan kita memakai baju adat jawa dan ini juga telah kita berikan surat edaran kepada seluruh karyawan dan karyawati baik instansi pemerintah maupun swasta yang ada di wilayah kabupaten tulungagung untuk mengenakan baju adat jawa selama empat hari kedepan.

Berdasarkan undang - undang nomor 5 tahun  2017 tetang kemajuan kebudayaan dimana salah satu klausulnya setiap daerah diperintahkan untuk melestarikan adat dan budaya yang dipunya, kalau kita terutama Kabupaten Tulungagung cenderung ya ke mataraman.

"Oleh karena itu dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Tulungagung agung kali ini kita mencoba ke nuansa yang berbeda yaitu kita ingin menggerakkan ekonomi UMKM yaitu menambah ekonomi UMKM di kabupaten Tulungagung.

Ia berharap dengan adanya kegiatan semacam ini maka para pelaku UMKM terutama yang berkaitan dengan baju adat di wilayah kabupaten Tulungagung bisa terdongkrak perekonomiannya.

"Saya berharap dengan momentum ini akan mendongkrak pelaku UMKM di Tulungagung," tukasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut