get app
inews
Aa Read Next : DPC PKB Tulungagung Panggil Pendaftar Cabup-Cawabup, Salah Satunya Kadinkes

Bupati Tulungagung Terima Kunjungan Wagub DIY dalam Kegiatan Muhibah Budaya

Selasa, 25 Juli 2023 | 11:38 WIB
header img
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menerima kunjungan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menerima kunjungan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, dalam kegiatan muhibah budaya Mataram Yogyakarta di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur pada Senin (25/7/2023) malam.

Acara digelar secara meriah dengan menampilkan tari tarian daerah baik dari  khas Tulungagung dan tari Yogyakarta. 

Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X  menjelaskan   kegiatan Muhibah budaya Mataram Yogyakarta di Tulungagung merupakan program yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan bersama Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Muhibah budaya Mataram Yogyakarta mengangkat tema Merajut Budaya Mataram dari Yogyakarta untuk Indonesia. 

Kegiatan kali ini adalah merupakan kegiatan silaturahmi, sekaligus untuk merajut budaya, pihaknya datang ke Tulungagung bahwa secara primordial ada kesamaan antara Tulungagung dan Yogyakarta dan di wilayah Mataraman. 

Selain untuk silaturahmi, pihaknya juga mendapatkan amanat dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X bahwasanya setelah perjanjian Gianti, maka sebagian daerah di Jawa Timur itu menjadi daerah tetanggaan.

“Dulunya itu menjadi satu Mataram, jadi konteksnya bukan sentimen politik tapi lebih bagaimana,” jelas Wagub (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X.

Masih Paku Alam, selain itu pihaknya juga masih pertama kali menginjakkan kaki di Kabupaten Tulungagung, dan pihaknya merasa bahwa Tulungagung itu asik dan menyenangkan, pihaknya juga suka satu masakan Tulungagung yang bernama lodho ayam. 

“Tadi pagi dari Yogyakarta naik kereta dan tiba di Tulungagung siang tadi." jelasnya.

Setelah itu langsung istirahat menuju hotel, dan malamnya hadir di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bongso, Untuk kulinernya itu nasi goreng, ayam lodho, juga lontong sayur (sompil) nanti semua kita coba,” pungkasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut