get app
inews
Aa Read Next : Jabatan Direktur RSUD dr Iskak Segera Terisi, Pj Bupati Tunggu Izin Mendagri

Pemkab Tulungagung Gandeng Pegadaian Tingkatkan Produksi Pertanian

Selasa, 27 Juni 2023 | 20:20 WIB
header img
Launching The Gade Integrated Farming dan Persemian Rumah Produksi KUBE di Desa Sendang. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menggandeng PT Pegadaian guna meningkatkan hasil produksi di bidang pertanian khususnya pengolahan pupuk kompos.

Direktur Operasi dan Penjualan, Perum Pegadaian, Eka Febriansyah seusai melaunching The Gade Integrated Farming dan Persemian Rumah Produksi KUBE di Desa Sendang, Kecamatan Sendang Tulungagung mengatakan kegiatan ini adanya integrasi beberapa sektor seperti pertanian dan peternakan agar meningkatkan produktivitas hasil sumberdaya alam yang ada.

Masih Eka, upaya lain yang dilakukan oleh pegadaian yakni melakukan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat tentang pengolahan pupuk organik.

"Jadi nantinya kita berikan penyuluhan, pelatihan tentang bagaimana cara pembuatan pupuk organik," ucapnya, Selasa (27/06/2023).

Program ini merupakan CSR Anatar perum pegadaian dengan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan kecamatan Sendang yang dijadikan proyek percontohan pembuatan pupuk organik dari limbah ternak.

Eka melanjutkan apabila program ini berhasil maka akan dikembangkan di wilayah kecamatan lain dengan program unggulan yang lain.

Penerapan program The Gade Farming ini sudah diujicobakan di beberapa 8 titik  wilayah seperti Jabodetabek, Madiun dan Tulungagung.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut