get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Kerawanan Pangan, Pemkab Tulungagung Berikan Bansos

CJH Asal Tulungagung Siap Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Senin, 03 April 2023 | 18:01 WIB
header img
Kabid Pencegahan dan Penularan Penyakit Dinas Kesehatan Tulungagung, Didik Eka. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Sebanyak 1.088 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Tulungagung yang siap berangkat tahun ini akan dilakukan cek kesehatan. Pemeriksaan CJH ini merupakan tahap 2 yang sudah pelunasan di awal tahun.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung melalui Kabid Pencegahan dan Penularan Penyakit, Didik Eka mengatakan dengan adanya pemeriksaan CJH di tahap kedua, Dinas Kesehatan Tulungagung berkirim surat kepada Kepala Puskesmas Tulungagung untuk melakukan pemeriksaan di tahap kedua bagi CJH sesuai dengan alamat KTP masing masing.

"Sehingga di tanggal 30 Maret 2023 kemarin kami sudah berkirim surat kepada kepala puskesmas se kabupaten Tulungagung sesuai dengan alokasi masing masing jamaah haji," ucapnya, Senin (3/04/2023).

Didik melanjutkan, CJH juga diberikan vaksinasi meningitis dan terkecuali CJH yang hamil di masa subur pada usia 15-49 tahun tidak bisa berangkat.

Pemeriksaan kesehatan di masing masing puskesmas rata rata bervariatif jumlahnya mulai dari 5 orang sampai dengan 99 orang CJH.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi CJH di tahap 2 mulai tanggal 5 April 2023- 15 April 2023.

Berdasarkan data dari Dinkes sebanyak 1.259 CJH yang sudah melunasi akan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Oh ya total 1.259 nanti akan diperiksa, apabila saat pemberangkatan mengundurkan diri atau tidak istititoah, akan disiapkan cadangan," tuturnya.

Dibandingkan pada pemeriksaan kesehatan (PK) tahap 1 sebanyak 1.164 CJH.

Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji meliputi pemeriksaan fisik dan penunjang termasuk tes darah, kimia klinik dan urine.

Dari 1.259 jamaah ada 95 orang prioritas lansia.

Nantinya sebanyak 32 fasilitas kesehatan akan dilibatkan dalam pemeriksaan kesehatan CJH dan rujukan penyakit ke RSUD Iskak.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut