Logo Network
Network

Ratusan PPS Pemilu 2024 di Tulungagung Resmi Dilantik

Afif Nasrul
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 21:16 WIB
Ratusan PPS Pemilu 2024 di Tulungagung Resmi Dilantik
Pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di Tulungagung. (Afif Nasrul/iNews)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Ratusan panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilu 2024 se-Kabupaten Tulungagung resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Ketua KPU Tulungagung, di Hotel Crown Victoria, Selasa (24/1/2023).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung, Susanah mengatakan, pada pelantikan kali ini sebanyak 813 orang anggota PPS yang resmi dilantik. 

Pada pelantikan dan sumpah janji itu, PPS dilantik disumpah untuk menjalankan tugas dengan baik selama tahapan Pemilu berlangsung. 

Selain itu, PPS dilantik juga menandatangani pakta integritas untuk selalu melaksanakan tugas untuk mewujudkan Pemilu yang sukses dan berintegritas.

Diketahui dari ratusan PPS yang dilantik, rupanya lebih didominasi oleh generasi muda. Itu karena mereka memiliki semangat, serta kemampuan dalam hal teknologi terkini.

Masih Susanah, banyaknya generasi muda itu juga ditujukan untuk mengantisipasi adanya insiden layaknya Pemilu 2018 kemarin.

"Mereka punya semangat, serta tenaga, dan tentunya untuk mengantisipasi insiden seperti Pemilu kemarin," ujarnya.

Susanah menjelaskan, pihaknya meminta agar masing-masing PPS dilantik untuk segera menyesuaikan diri dan memahami tugas dan fungsinya. 

Mengingat saat ini tahapan Pemilu terus berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, masing-masing PPS dilantik juga harus segera berkoordinasi dengan kepala desa (Kades) maupun lurah setempat untuk permohonan sekretariat di masing-masing kelurahan. 

Dengan begitu, kinerja PPS dilantik bisa segera terlaksana pasca pelantikan. 

Pihaknya mewanti-wanti agar PPS dilantik tidak lupa dengan pakta integritas yang sudah ditanda tangani. Dikarenakan apabila kinerjanya tidak sesuai harapan, maka mereka bisa terancam untuk diganti. 

"Kami sudah menyediakan nama pengganti yang siap mengisi posisi PPS dilantik apabila kinerjanya tidak sesuai atau bahkan ada yang mengundurkan diri," pungkasnya.

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini