Pemkab Tulungagung Siapkan Anggaran Rp200 Juta untuk Rehab Taman Alun-alun

Afif Nasrul
.
Jum'at, 16 September 2022 | 00:18 WIB
Rehabilitasi tampilan taman Alun-alun Tulungagung. (Foto: Afif Nasrul/iNewsTulungagung.id)

TULUNGAGUNG, iNewsTulungagung.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menyiapkan anggaran Rp 200 juta untuk merehabilitasi Taman Alun-alun Kabupaten Tulungagung yang terletak di Jalan RA Kartini, Kelurahan Kampungdalem, Kecamatan Tulungagung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung Santoso menjelaskan, untuk saat ini mayoritas Kabupaten yang berada Provinsi Jawa Timur berupaya merubah wajah Taman alun-alun termasuk Kabupaten Tulungagung.

Kabupaten Tulungagung sendiri untuk merubah wajah Kabupaten Tulungagung dengan cara merehabilitasi tampilan Taman Alun-alun Tulungagung, yang rencananya rehabilitasi mulai memperbaiki dan menambah air mancur serta memberikan lampu sorot yang fokus burung garuda.

"Jadi mulai tahap awal ini masih memperbaiki struktur paving yang ada di depan Masjid Al-munawar dan depan Kantor DPRD Kabupaten Tulungagung, yang nantinya pada dua lokasi ini akan ada air mancur," jelasnya, Kamis (15/9/2022).

Santoso melanjutkan, selain itu untuk memperindah titik sentral alun-alun yakni burung garuda, akan ada 4 titik lampu sorot yang mengarah ke burung garuda sehingga nampak pada malam hari bisa menampilkan keindahannya.

"Lampu sorot akan fokus ke burung garuda," katanya.

Masih menurut Santoso, adapun untuk merehabilitasi Taman Alun- alun Tulungagung anggaran sebesar Rp 200 juta, yang mana diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2022.

"Kemungkinan wajah alun - alun akan berubah pada akhir tahun 2022," katanya.

Rehabilitasi ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan wisatawan domestik dan non domestik selain itu nantinya juga akan berdampak kepada perekonomian.

"Dengan adanya banyak wisatawan non domestik diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian," pungkasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo
Bagikan Artikel Ini