get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Kerawanan Pangan, Pemkab Tulungagung Berikan Bansos

Intip Serunya Pladu di Tulungagung Menarik Perhatian Pencari Ikan

Senin, 29 Agustus 2022 | 17:10 WIB
header img
Salah satu pencari ikan dari Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Jali. (Foto : Afif Nasrul/iNews.id)

TULUNGAGUNG, iNews.id - Flusing atau penggelontoran sedimen di dasar waduk, yang berlanjut pada Kegiatan Pladu di Tulungagung, rupanya menarik perhatian pencari ikan hingga luar Kabupaten.

Kali ini giliran Bendungan Pacar yang berlokasi di Dusun Kedungjalin, Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol yang dilakukan Flusing.

Salah satu pencari ikan dari Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Jali menjelaskan, pada awalnya pihaknya sudah mencari informasi pladu di wilayah Kabupaten Tulungagung, dan sudah sering pihaknya ikut kegiatan pladu di Tulungagung.


Para pencari ikan

"Jadi saya sering mencari informasi pladu di Tulungagung dan mayoritas ikut," jelasnya. (29/8/2022). Jali, melanjutkan, untuk Pladu di DAM Pacar sendiri, pihaknya sudah mencari informasi, namun informasi tersebut berubah - ubah lantaran pladu di tunda, dan baru dilaksanakan hari ini.

"Informasinya kemarin dibuka, namun ternyata ditunda dan dilaksanakan hari ini," ungkapnya. Adapaun kegiatan pladu kali ini, pihaknya berangkat sekitar pukul 08.00 WIB, dan hingga pukul 11.00 WIB, pihaknya sudah mendapatkan 3 Kilogran ikan, seperti ikan Bader, garingan, dan ikan gabus lainnya, yang mana setiap acara pladu di Tulungagung selalu meriah.

"Pladu di Tulungagung sendiri sudah menjadi adat kebiasaan, dan setiap acara pladu selalu ramai," katanya. Ditanya apakah ada penurunan hasil ikan atau justru naik,

Jali menjelaskan, untuk pladu di DAM Pacar kali ini pihaknya mendapatkan hasil yang lumayan banyak, lebih banyak 1 kilogram dari yang sebelumnya, dan hasil tangkapan kali ini akan digunakan untuk lauk di rumah.

"Jadi ikan yang didapat dari hasil pladu dimasak sendiri dirumah," katanya.

Selain itu pihaknya juga sudah mendapatkan informasi jika akan ada pladu lagi di Kecamatan Boyolangu, sekitar 2 minggu lagi.

"Semoga jadwal pladu tidak ditunda dan ada kepastian, soalnya berangkat dari luar Kabupaten juga jauh," pungkasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut