get app
inews
Aa Read Next : DPC PKB Tulungagung Panggil Pendaftar Cabup-Cawabup, Salah Satunya Kadinkes

4 Cara Mengobati Hidung Tidak Bisa Mencium Bau atau Anosmia

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 22:21 WIB
header img
Cara Mengobati Hidung Tidak Bisa Mencium Bau. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsTulungagung.id - Anosmia atau hidung tidak bisa mencium bau. Konon anosmia bisa menyebabkan seseorang tidak bisa mencium aroma tertentu atau kebal dengan aroma apapun.

"Untuk penanganan hilangnya penciuman bergantung pada penyebabnya. Ada intervensi medis yang dapat membantu, serta perawatan di rumah,” kata Nicole Aaronson, MD, MBA, CPE, FAAP, FACS, Ahli THT pediatrik, dilansir Healthline, Jumat (5/8/2022)

1. Melatih mencium bau

Melatih indera penciuman dengan berbagai bau sangat dianjurkan. Disarankan untuk berkonsentrasi penuh pada aroma selama 20 detik. Untuk mencoba pelatihan penciuman, Dr Aaronson merekomendasikan untuk mencoba aroma berikut: Kopi giling Mawar Jeruk Kayu putih Vanila Cengkeh Daun mint

2. Menggunakan minyak jarak

Minyak jarak yang berasal dari biji jarak, terbukti mampu mengembalikan penciuman yang hilang. Dr Sandra El Hajj , seorang dokter naturopati mengatakan komponen aktifnya, asam risinoleat dapat membantu melawan infeksi. Komponen ini juga membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan saluran hidung yang disebabkan oleh pilek dan alergi.

3. Jahe

Jahe ternyata biasa memberikan efek baik bagi kesehatan. Sebab aroma khas dan menyengat yang membuatnya bermanfaat untuk digunakan dalam pelatihan penciuman.

4. Irigasi Hidung

Metode ini menggunakan larutan garam yang dapat dibeli secara bebas di apotek atau membuatnya sendiri. Dengan mencampur setengah sendok teh garam dan setengah teh soda kue ke dalam 1 cangkir air matang.

Berikut cara membersihkan bagian dalam hidung menggunakan larutan air garam:

Miringkan kepala ke salah satu sisi tubuh.

Semprotkan larutan garam ke dalam salah satu lubang hidung, secara perlahan ke arah yang berlawanan dengan sisi miring kepala.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut