Trenggiling Liar Masuk ke Rumah Warga di Tulungagung, Petugas Damkar Turun Tangan

Afif Nasrul
Petugas Damkar menunjukkan seekor trenggiling

Tulungagung, iNewsTulungagung.id – Warga Desa Doroampel, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, dikejutkan dengan penemuan seekor trenggiling di dalam sangkar burung. Hewan tersebut pertama kali ditemukan oleh Sugiyono, pemilik rumah, yang tanpa disangka-sangka mendapati trenggiling tersebut berada di dalam sangkar burung miliknya.

Kepala Seksi Penyelamatan Bidang Pemadaman, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tulungagung, Iwan Supriyono, mengungkapkan bahwa Sugiyono awalnya tidak menyadari adanya trenggiling di rumahnya.

"Sugiyono tidak pernah memelihara trenggiling, tiba-tiba ada trenggiling yang ditemukan di dalam sangkar burung," kata Iwan pada Kamis (17/10/2024).

Trenggiling tersebut diduga merupakan hewan liar yang kebetulan masuk ke area rumah warga. Menurut Iwan, pihak pemadam kebakaran telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Kediri untuk proses evakuasi dan penanganan lebih lanjut.

"Kondisi trenggiling masih sehat dan sudah diberi makan," tambah Iwan.

Hewan yang ditemukan ini memiliki panjang sekitar 50 cm dan masih tergolong muda. BKSDA akan segera membawa hewan tersebut ke habitat yang lebih aman atau penangkaran sesuai prosedur konservasi.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network