BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response

Anang Agus Faisal
Peluncuran Loket pelayanan di RS Bhayangkara Tulungagung. (Anang Agus Faisal)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehata Nasional (JKN), BPJS Kesehatan resmi memperkenalkan inovasi terbaru melalui Loket
Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS). 

Loket pelayanan ini salah satunya diluncurkan di RS Bhayangkara Tulungagung (29/09/2023) yang melakukan siaran online bersama BPJS Pusat. 

Peluncuran tersebut serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Kedua inovasi tersebut
dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan sejak diluncurkan pada tahun 2014, Program
JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi
seluruh penduduk. 
Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu
 dilakukan transformasi terhadap mutu layanan.

Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket
Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan
peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan
Penanganan Pengaduan (SIPP)," jelas Ghufron saat peluncuran yang terpusat di RSUP Dr. Sardjito, Jumat
(29/09/2023).

Ghufron menyebut, petugas rumah sakit juga dapat bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU! atau BPJS
Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile. Hal ini dilakukan demi memastikan
peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan
rawat jalan di rumah sakit.

Sedangkan menurut Kepala BPJS Tulungagung Agung Priyono secara resmi melakukan Peluncuran Loket
Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) di Rumah Sakit Bhayangkara 
Tulungagung bersama dengan Wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung dan Dinas 
Kesehatan Kabupaten Tulungagung. 

Agung menyampaikan, bahwa seluruh rumah sakit yang bekerja 
sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung juga telah menyediakan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan.

"BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di
fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi
pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas
kesehatan." Kata Agung.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network