get app
inews
Aa Read Next : LMP Pusat, Mada Jatim dan Macab Tulungagung: Selamat atas Pelantikan Presiden Prabowo Subianto

Bawaslu Selidiki Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN di Dinas Pertanian Tulungagung

Senin, 21 Oktober 2024 | 20:43 WIB
header img
Koordinator Bawaslu Tulungagung, Moh. Syafiq Ansori

Tulungagung, iNewsTulungagung.id  - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tulungagung melakukan penyelidikan terkait dugaan pelanggaran netralitas yang dilakukan oleh dua pegawai Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Tulungagung. 

Kedua pegawai tersebut, yang berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), diduga berfoto bersama salah satu pasangan calon (paslon) dalam Pilkada Tulungagung, yang dianggap melanggar prinsip netralitas ASN.

Koordinator Bawaslu Tulungagung, Moh. Syafiq Ansori, mengatakan pihaknya telah memantau foto yang beredar di media sosial dan menganggap tindakan tersebut sebagai potensi pelanggaran. 

“Kami sedang mengklarifikasi apakah pembinaan yang dilakukan Dispertan terhadap dua pegawai itu sudah sesuai prosedur,” jelas Syafiq pada Senin (21/10/2024).

Dalam penyelidikan ini, Bawaslu mendatangi kantor Dispertan untuk bertemu dengan beberapa pegawai, termasuk Priyono, salah satu dari dua pegawai yang diduga melanggar netralitas. Sementara itu, pertemuan dengan Timor, pegawai lainnya, akan dijadwalkan kemudian karena yang bersangkutan bertugas di kecamatan.

Bawaslu Tulungagung juga akan melakukan rapat pleno untuk menentukan langkah selanjutnya, termasuk kemungkinan merekomendasikan kasus ini ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) jika terbukti terjadi pelanggaran. 

Hingga saat ini, belum ada laporan resmi dari masyarakat terkait dugaan pelanggaran tersebut, sehingga Bawaslu memprosesnya berdasarkan informasi awal yang mereka temukan.

“Kami masih dalam tahap klarifikasi dan pendalaman informasi. Jika ada bukti kuat pelanggaran netralitas ASN, tentu akan kami tindaklanjuti sesuai dengan regulasi yang berlaku,” pungkas Syafiq.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut