get app
inews
Aa Read Next : DPC PKB Tulungagung Panggil Pendaftar Cabup-Cawabup, Salah Satunya Kadinkes

Tunggu Surat Kemendagri, Pj Bupati Tulungagung Siapkan Plh Sekda

Rabu, 31 Januari 2024 | 16:15 WIB
header img
Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Pj Bupati Tulungagung sudah menyiapkan pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Tulungagung jika sampai tanggal 31 Januari 2024 surat dari Mendagri terkait permintaan izin pelantikan Sekda Tulungagung belum turun.

Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno mengatakan sampai saat ini surat dari  Mendagri belum turun. Apabila belum turun nantinya akan disiapkan Pelaksana Harian (Plh).

"Belum turun sampai saat ini, kalau belum turun ada mekanisme Plh atau Plt. Itu memang ada,” ujarnya, Rabu (31/01/2024).

Sekda Tulungagung, Sukaji, bakal mengakhiri masa jabatannya pada Rabu (31/1/2024). Ia memasuki masa purna sebagai PNS pada tanggal 31 Januari 2024.

Heru melanjutkan,  jabatan Sekda Tulungagung setelah ditinggal Sukaji tidak boleh kosong. Pelaksana harian atau Plt Sekda Tulungagung masa tugasnya selama seminggu.

“Sedang untuk Pj Sekda bisa sampai tiga bulan,” terangnya.

Pihaknya enggan membeberkan nama yang disiapkan untuk jabatan Plh atau Plt Sekda Tulungagung jika memang surat dari Mendagri belum turun untuk melantik Sekda Tulungagung definitif. 

Ia hanya menyebut Plh atau Plt Sekda bisa dijabat oleh pejabat eselon II. Tidak otomatis harus dari pejabat Asisten Sekda.

“Nama-nama pasti ada. Tidak mesti harus dari asisten. Ya pejabat eselon II,” paparnya.

Heru berdalih bisa saja Plh atau Plt Sekda Tulungagung tidak diperpanjang lagi jabatannya menjadi Pj Sekda Tulungagung.

Yang artinya jabatan Plh atau Plt Sekda Tulungagung dan jabatan Pj Sekda Tulungagung dijabat oleh dua orang yang berbeda.

“Akan berganti orang bisa saja. Dari Plt atau Plh ketika saat harus sudah Pj bisa berganti orang,” terangnya.

Penentuan pemilihan Sekda Tulungagung telah memasuki tahap akhir. Diakuinya, ia sudah mengajukan surat izin pada Mendagri untuk memilih satu dari tiga calon sekda sekaligus juga izin untuk melakukan pelantikan terhadap satu calon sekda yang telah dipilih.

Ada tiga nama calon Sekda Tulungagung itu dan telah lolos dari seleksi yang diselenggarakan Pansel Terbuka Sekda Tulungagung masing-masing adalah Anang Pratistianto (Kepala Dinas Perkim), Soeroto (Kepala BKPSDM) dan Tri Hariadi (Kepala Disperindag).

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut