get app
inews
Aa Read Next : BPJS Kesehatan Siap Tanggung Perawatan Bayi Kembar Siam di Tulungagung

Tim INAFIS Lakukan Olah TKP Kebakaran Toko Gerabah di Tulungagung

Rabu, 17 Januari 2024 | 20:47 WIB
header img
Personel Unit Inafis Satreskrim Polres Tulungagung melakukan olah TKP kebakaran. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Personel Unit Inafis Satreskrim Polres Tulungagung melakukan olah TKP di gudang peralatan rumah tangga milik Ali Imron (48) di Desa Bendiljati Kulon, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung.

Olah TKP bertujuan untuk mengetahui sumber pertama munculnya api yang menghanguskan seluruh bagian gudang beserta isinya.

Setelah melakukan pengamatan di seluruh area yang terbakar. Di luar tembok sebelah barat ini personel Inafis menemukan dugaan munculnya api pertama kali.

Hal ini ditandai dengan bagian tembok yang menghitam, ciri yang biasa ditemui pada kejadian kebakaran sebagai tanda titik awal munculnya api.

Api diduga berasal dari pembakaran tebon atau pohon jagung kering yang ditumpuk di saluran air, mepet dengan bagian luar tembok gudang sebelah barat.

Tebon ini berasal dari kebun jagung yang ada di barat gudang.

Api dari tumpukan tebon ini menyala besar, membumbung hingga melewati ketinggian tembok gudang, sekitar 6 meter.

Kasi Humas Polres Tulungagung, Iptu Mujiatno, mengakui dugaan sumber api dari pembakaran tebon kering.

"Jadi bagian belakang ini tidak ada kabel listrik, tidak mungkin ada korsleting,” Rabu (17/01/2024).

"Dari hasil TKP proses pembuktian untuk memastikan,” ucapnya.

Sejumlah sampel telah diambil dari titik yang diduga awal munculnya api, seperti abu sisa pembakaran, sisa tebon yang terbakar serta sejumlah kerikil yang ada di titik itu.

Sampel ini nantinya akan diuji di laboratorium, untuk memastikan dugaan sebelumnya. Sampel ini secepatnya akan diserahkan ke Laboratorium Forensik Polda Jatim.

Gudang gerabah di desa Bendiljati Kulon milik Ali, warga Bendiljati Kulon, terbakar hebat pada Selasa (16/01/2024).

Dugaan awal kejadian berasal dari korsleting arus listrik, kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, api berawal dari bagian belakang atau dari bagian gudang, api dengan cepat membesar lantaran gudang berisi peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik dan kayu. 

Api dari gudang kemudian dengan cepat merembet ke bagian depan atau toko utama yang mana kepulan Asap dari kebakaran ini bisa dilihat sampai lintas desa, yakni lokasi kebakaran di wilayah Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol kepulan asap terlihat sampai desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru. 

Pemadaman dirasa cukup menguras tenaga lantaran petugas harus memadamkan api dari berbagai titik agar api tidak merembet kedalam Gudang.

Akibat kejadian tersebut Kerugian ditaksir mencapai 1,5 Miliar Rupiah.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut