get app
inews
Aa Read Next : DPC PKB Tulungagung Panggil Pendaftar Cabup-Cawabup, Salah Satunya Kadinkes

Jalin Kekompakan Antar OPD, Pj Bupati Tulungagung Buka Festival Olahraga Tradisional

Jum'at, 03 November 2023 | 14:42 WIB
header img
Salah satu perlombaan di acara Festival Olahraga Tradisional. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Dinas Pemuda dan Olahraga Tulungagung menggelar Festival Olahraga Tradisional lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hutan Kota Kelurahan Ketanon Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung, Jumat (3/11/2023). Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Penjabat Bupati Tulungagung Heru Suseno.

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno menjelaskan, kegiatan kali merupakan kegiatan rangkaian olahraga tradisional bersama lintas OPD, kegiatan ini juga sebagai rangkaian menyongsong Hari jadi Kabupaten Tulungagung ke-818. 

"Jadi kegiatan Festival Olahraga Tradisional ini merupakan kegiatan rangkaian, sebelum hari jadi Kabupaten Tulungagung dilakukan," katanya. 

Heru melanjutkan, pemilihan lomba tradisional ini untuk membangkitkan kembali memori masa kecil, yang sangat membahagiakan kala itu, dan pada kegiatan ini juga dapat dirasakan bahwa memang seluruh OPD juga bahagia saling adu kekompakan. 

"Perlombaan tradisional berupa enggrang, terompah, tarik tambang, sementara masih ini, kedepan jika ada kegiatan olahraga tradisional tentu akan ditambah jenisnya," ucapnya.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini juga memberikan solidaritas antar OPD di lingkup pemkab Tulungagung.

Nantinya permainan tradisional ini akan diajarkan kepada siswa melalui pendidikan muatan lokal agar memberikan rasa cinta terhadap permainan tradisional pada pendidikan siswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tulungagung, Achmad Mugiyono menjelaskan, kegiatan kali ini diikuti oleh 38 OPD, dan 19 Kecamatan. Olahraga tradisional juga sudah masuk dalam muatan lokal pendidikan.

"Ternyata olahraga tradisional juga banyak cabangnya dan bisa dilombakan," katanya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut