get app
inews
Aa Read Next : DPC PKB Tulungagung Panggil Pendaftar Cabup-Cawabup, Salah Satunya Kadinkes

Pj Bupati Tulungagung Terima Pasukan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Senin, 02 Oktober 2023 | 20:25 WIB
header img
Prosesi penerimaan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya di Tulumgagung. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Penjabat Bupati Tulungagung Heru Suseno menerima pasukan kirab bendera pataka berlambang daerah provinsi Jawa Timur "Jer Basuki Mawa Beya" dari Kabupaten Trenggalek di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Senin (2/10/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jatim ke 78 Tahun. 

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno menjelaskan, pihaknya menerima pasukan Kirab bendera pataka dari Kabupaten Trenggalek di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, bendera pataka diberikan lintas Kabupaten Kota di Jawa Timur secara estafet 

"Ini adalah upacara penerimaan bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka HUT Provinsi Jatim ke 78 Tahun," Jelasnya.

Kabupaten Tulungagung menjadi wilayah ke 16 yang disinggahi pataka, sedangkan masih ada 12 kabupaten dan kota lagi yang akan disinggahi oleh pataka simbol Provinsi Jatim tersebut.

"Setelah Kabupaten Tulungagung, bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya akan dikirab ke Kota Blitar," terangnya.

Heru menjelaskan, bendera pataka akan singgah di 38 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur. Kirab tersebut akan berakhir dengan kembalinya bendera pataka ke Gedung Grahadi Pemprov Jatim.

"Kirab ini akan selesai pada 12 Oktober 2023 mendatang saat sampai di Grahadi Surabaya," jelasnya.

Menurut Heru, kirab pataka ini memiliki makna menebar semangat kepada seluruh wilayah di Jatim, apalagi tema yang diambil dalam HUT Provinsi Jatim ke 78 Tahun adalah Jatim Bangkit Optimis Terus Melaju.

"Harapannya bahwa tema tahun ini bisa membuat Jatim bangkit usai pandemi Covid-19 dan bisa terus melaju untuk kemakmuran masyarakat," pungkasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut