get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Tulungagung Minta Santri Beri Kontribusi Bagi Bangsa

Tekan Pengangguran, Pemkab Tulungagung Gelar Job Fair 2023

Senin, 31 Juli 2023 | 17:04 WIB
header img
Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo mengunjungi stan Job Fair tahun 2023. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menggelar Job Fair tahun 2023, bertempat di di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tulungagung, Senin (31/07/2023).

Job fair yang diinisiasi oleh Disnakertrans itu memberikan kesempatan kepada pencari kerja sebanyak 1.500 pendaftar dan diterima sebanyak 750 orang. 

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo seusai membuka Job Fair tahun 2023 mengatakan angka pencari kerja ini turun dibanding tahun sebelumnya.

"Yang jelas memang sekarang banyak peluang kerja banyak di Tulungagung, pokoknya berusaha peluang peluang di Tulungagung termasuk UMKM banyak," katanya.

Selain memberikan job fair guna menekan angka pengangguran, Maryoto mengungkapkan diharapkan kepada lembaga institusi lain untuk memberikan pelatihan bagi generasi muda.

Perusahaan yang ditampilkan dalam job fair ini ada dari Tulungagung hingga luar kota.

Selain penyediaan lapangan kerja bagi pemula, juga disediakan lowongan bagi purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) lewat Desa Migran Produktif (Desmigratif).

"Tentu saja ada para purna PMI itu dan jangan sampai purna PMI bingung mencari pekerjaan di bidang ekonomi, gathering dan banyaklah," tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tulungagung Agus Santoso mengatakan sebanyak 29 perusahaan yang mengikuti pameran Job Fair tahun ini.

"Di Tulungagung, regional dan nasional," jelasnya.

Agus menyebut faktor pameran Job fair lebih sedikit dikarenakan memang dari perusahaan kurang diminati oleh pencari kerja.

"Mungkin perusahaan yang kurang diminati, kita sudah kirim surat ke perusahaan secara tertulis," ucapnya.

Masih Agus, guna menekan angka pengangguran selain pengadaan job fair Disnakertrans juga membuka lowongan berwirausaha secara kelompok.

Pameran Job Fair ini digelar 2 hari sejak tanggal 31 Juli -1 Agustus 2023.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut