get app
inews
Aa Read Next : DPC PKB Tulungagung Panggil Pendaftar Cabup-Cawabup, Salah Satunya Kadinkes

Temuan Mamin Terkontaminasi Tikus, Dinkes Tulungagung Terus Lakukan Pengawasan

Senin, 27 Maret 2023 | 14:21 WIB
header img
Dinkes Tulungagung melakukan pengawasan dan sidak ke sejumlah grosir, toko dan retail. (Afif Nasrul)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Dinas Kesehatan Tulungagung terus memantau produk makanan yang disinyalir terkontaminasi tikus. 

Menjelang lebaran Dinkes Tulungagung terus melakukan pengawasan terhadap produk makanan guna memastikan makanan atau jajanan lebaran benar-benar aman dikonsumsi.

Hal ini dikatakan oleh Masduki Kasi Kefarmasian dan Perbekalan pada Dinas Kesehatan Tulungagung, pada Senin, (27/ 03/2023) bahwa temuan mamin yang tercemar kotoran tikus tersebut terdapat di gudang penyimpanan sejumlah toko dan retail yang di sidak beberapa waktu lalu.

Saat ini pihak Dinkes akan terus melakukan pengawasan dan sidak ke sejumlah grosir, toko dan retail yang menjual mamin utamanya dengan mamin untuk kebutuhan menjelang lebaran. 

"Dengan adanya temuan kemarin, maka kita akan terus melakukan pengawasan dan juga kunjungan ke sejumlah toko, retail atau grosir yang menjual produk mamin." Ujarnya. 

Penemuan makanan yang terkontaminasi oleh tikus menjadi atensi agar pengawasan produk mamin benar-benar aman untuk masyarakat.

Masduki menambahkan bahwa salah satu cara untuk melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap produk mamin tersebut adalah dengan pengawasan terhadap distribusinya.

Selain itu juga mengawasi ijin edar dimana hal itu menyangkut tentang pengepakan dan pembungkusan yang harus disertai dengan perijinan dan data produksi serta expired-nya.

Terakhir Masduki juga mengatakan bahwa bagi para toko, retail atau grosir yang tidak melaporkan mamin yang terkontaminasi tikus atau rusak, apabila ditemukan saat dilakukan sidak dan pengawasan akan di beri sanksi administrasi.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut