get app
inews
Aa
Read Next : BPJS Kesehatan Siap Tanggung Perawatan Bayi Kembar Siam di Tulungagung

Bawaslu Tulungagung Gelar Sosialisasi Nilai-nilai Pengawasan Partisipatif Terhadap Pemilih Pemula

Sabtu, 03 Desember 2022 | 07:17 WIB
header img
Sosialisasi Nilai-nilai Pengawasan Partisipatif Terhadap Pemilih Pemula Dalam Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak tahun 2024. (Foto: Afif Nasrul/iNews)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Ratusan pelajar SMA sederajat hadir dalam sosialisasi nilai-nilai pengawasan partisipatif pada pemilih pemula untuk Pemilu tahun 2024 mendatang yang diselenggarakan Bawaslu Tulungagung, pada Jumat (02/12/2022) kemarin.

Ketua Bawaslu Tulungagung, Fayakun mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula dalam hal pengawasan partisipatif kepemiluan.

"Ini salah satu cara dari kami untuk memberikan pendidikan pemilu kepada pemilih pemula di Tulungagung," ujarnya Jumat (02/12/2022).

Masih Fayakun, pemilih pemula diajak untuk melakukan pengawasan partisipatif, sebab mereka akan menjalani saat-saat pertama menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 tahun depan.

Oleh sebab itu pihaknya tidak ingin mereka mendapatkan pendidikan politik yang tidak pas, sehingga terjerumus pada pola pikir yang salah dalam hal Pemilu.

Apalagi Pemilu menjadi ajang untuk menentukan masa depan negara dan pemerintahan dalam lima tahun mendatang.

"Mereka harus tau peran pemilu dalam bernegara ini seperti apa, imbasnya apa kalau salah pilih dan lain-lain, kita sampaikan disini," ucapnya 

Fayakun berharap, kegiatan ini bisa memberikan dasar pemahaman pentingnya pengawasan partisipatif yang bisa dilakukan oleh pemilih pemula.

"Minimal mereka ini bisa mengawasi hak pilih mereka, jangan sampai mereka kehilangan itu dan bisa menularkan hal ini kepada orang-orang di sekitarnya termasuk teman-teman sebaya nya," pungkasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut