get app
inews
Aa Read Next : Polres Tulungagung Gagalkan Balon Udara Siap Terbang

Operasi Sikat Semeru, Polres Tulungagung Berhasil Ungkap 35 Kasus Pelanggaran Hukum

Senin, 03 Oktober 2022 | 14:48 WIB
header img
Polres Tulungagung menggelar Konferensi Pers hasil Operasi Sikat Semeru. (Foto : Afif Nasrul/iNews)

Tulungagung, iNewsTulungagung.id - Polres Tulungagung menggelar operasi sikat Semeru mulai tanggal 19 September hingga 30 September 2022.

Kapolres Tulungagung, AKBP. Eko Hartanto mengatakan, dalam operasi sikat semeru tahun 2022 ini, pihaknya mendapatkan target untuk mengungkap 7 kasus pelanggaran hukum di wilayah hukum Polres Tulungagung.

Namun faktanya selama 12 hari pelaksanaan operasi Sikat Semeru itu, pihaknya bisa mengungkap 35 kasus pelanggaran hukum.

"Kita ditargetkan mengungkap 7 kasus saja, tapi kita berhasil mengungkap 35 kasus melebih target," jelasnya, Senin (3/10/2022).

Eko mengungkapkan, sebagian besar kasus kejahatan yang berhasil diungkap adalah kasus pencurian biasa sebanyak 19 kasus, kemudian pencurian sepeda motor sebanyak 9 kasus dan kejahatan lainnya seperti penyalahgunaan senjata tajam dan kejahatan lainnya.

Sasaran dalam kejahatan kali ini adalah handphone, perhiasan dan benda berharga lainnya yang sering kali disepelekan oleh masyarakat.

Pihaknya merinci, dari 35 kasus yang berhasil diungkap itu, 14 kasus masih dilakukan penyidikan lebih lanjut, kemudian 1 kasus lainnya tengah ditangani oleh penyidik Polres Blitar dan 20 kasus lainnya diselesaikan melalui restorative justice.

20 Kasus yang diselesaikan melalui restorative justice ini merupakan kasus yang nilai kerugiannya rendah dan sebagian besar dilakukan oleh anak dibawah umur.

"Untuk sebarannya itu ada di Polres, Polsek Kedungwaru, Ngantru, Sumbergempol dan beberapa Polsek lainnya," tukasnya.

Atas kejadian tersebut pasal yang dikenakan tersangka dengan beragam pasal sesuai dengan tindka kejahatannya, seperti pasal 368 KUHP, 363, UU darurat yg diancam 5 tahun penjara sampai 20 tahun.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut