get app
inews
Aa Read Next : BPJS Kesehatan Siap Tanggung Perawatan Bayi Kembar Siam di Tulungagung

Pasar Hewan Terpadu Tulungagung Mulai Beroperasi Kembali

Minggu, 18 September 2022 | 19:21 WIB
header img
Petugas sedang memeriksa hewan ternak di Pasar Hewan Terpadu Tulungagung. (Foto: Afif Nasrul/iNews)

TULUNGAGUNG, iNewsTulungagung.id - Pasar Hewan Terpadu (PHT) Kabupaten Tulungagung sudah mulai beroperasi. Sebelumnya pasar hewan terpadu tutup total diakibatkan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sejak awal Juni.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung melalui Kabid Kesehatan Hewan, Tutus Sumaryani mengatakan pembukaan pasar difokuskan jual beli ternak lokal.

"Jadi hari ini pembukaan pertama pasar hewan Tulungagung, kita fokuskan ternak dalam skala lokal," ucapnya pada Minggu (18/09/2022).

Masih Tutus, pelaksanaan vaksinasi PMK yang diberikan kepada hewan ternak di Kabupaten Tulungagung di angka 187.500 dosis.

Angka ini target dari provinsi. Sehingga di kabupaten Tulungagung target sudah 85 persen yakni mencapai di angka 167.000 dosis.

"Jadi sudah 85 persen diaplikasikan ke ternak," paparnya.

Ada beberapa kriteria saat pembukaan pasar hewan terpadu salah satunya pengecekan sebelum masuk, selain itu memastikan ternak dari luar yang masuk ke Tulungagung dalam kondisi tervaksin semua.

"Satgas PMK kabupaten Tulungagung juga melakukan check point' di pintu masuk yang melibatkan TNI, POLRI, BPBD dan Satpol PP yang rutin melakukan disinfeksi," sambungnya.

Sampai saat ini tidak ditemukan hewan yang sakit. "Sejak tadi pagi petugas tidak menemukan sapi yang sakit," pungkasnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Follow Berita iNews Tulungagung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut