Kenaikan Harga Bawang Merah Picu Inflasi di Tulungagung

Afif Nasrul
Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno

Tulungagung, iNewsTulungagung - Angka Inflasi di Kabupaten Tulungagung mengalami kenaikan dipicu kenaikan harga bawang merah di pasaran. Saat ini harga bawang merah di pasar mencapai Rp.35.000 sampai dengan Rp.40.000 perkilogramnya. Jika dibandingkan harga normal Rp.20.000 hingga Rp.25.000 perkilogramnya.

Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno seusai menggelar vidcon tentang inflasi di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso mengatakan, Pemkab Tulungagung akan bekerjasama dengan kabupaten Nganjuk sebagai sentra bawang merah untuk menyediakan bawang merah.

"Saya minta kepada Kabag perekonomian untuk menjajaki dulu sentra bawang merah di Jawa Timur khusunya daerah Nganjuk," kata Heru, Senin (27/05/2024).

Heru melanjutkan, selain bawang merah pemicu lain yakni harga gula pasir di Tulungagung juga mengalami kenaikan dari harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp.14.700 perkilogram, nantinya akan ditata ulang oleh pemerintah.

"Saat ini angka inflasi di Tulungagung 3,19 persen dari sebelumnya 3,01 persen, namun operasi pasar terus ditingkatkan," ucapnya.

Saat ini harga beras medium Rp.12.500 sedangkan beras premium Rp.14.000 perkilogramnya.

Editor : Mohammad Ali Ridlo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network